Posted by: catatansangraja | March 8, 2010

FUNGSI MANAJEMEN

Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan

1. Perencanaan (Planning)
Perencanaan berarti memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Agar dapat membuat rencana secara teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya.

2. Pengorganisian (Organizing)
Pengorganisasian berarti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antarbagian-bagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut. Pengorganisasian bertujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.

3.Menggerakkan (Actuating)
Menggerakkan atau Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Didalam Actuating terdapat pula tindakan pengarahan ( Directing)

4. Pengawasan (Controlling )
Pengawasan merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Di dalam tindakan controlling terdapat tindakan pengevaluasian ( Evaluating)

Bentuk-bentuk Organisasi
1. Organisasi Garis
Organisasi tertua, paling sederhana, biasanya digunakan dalam organisasi militer. Penciptanya Henry Fayol. Cirinya : organisasinya masih kecil, jumlah karyawan sedikit, karyawan saling kenal, spesialisasi kerja belum tinggi

2. Organisasi Garis dan Staf
Penciptanya Harrington Emerson. Cirinya : terdapat satu atau lebih staf / ahli pada bidang tertentu, organisasinya besar, daerah kerjanya luas, mempunyai bidang-bidang tugas yang beragam dan rumit, serta jumlah karyawan yang banyak.

3. Organisasi Fungsional
Penciptanya F.W Taylor, cirinya : beberapa pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

Gaya Kepemimpinan
1. Otoriter, adalah pemimpin yang mengambil keputusan tanpa melibatkan bawahan. Dia menganggap hubungan pimpinan dan bawahan adalah majikan dan buruh

2. Demokratis, adalah pemimpin yang mengakomodasikan pendapat arus bawah dalam pengambilan keputusan. Dia menganggap dirinya dan bawahannya adalah satu tim

3. Liberal / Bebas, adalah pemimpin yang memberikan kebebasan bawahan dalam pengambilan keputusan

Bidang-Bidang Manajemen
1. Manajemen Produksi
2. Manajemen Pemasaran
3. Manajemen Keuangan
4. Manajemen Sumber Daya Manusia/ Personalia
5. Manajemen Administrasi Kantor /Akuntansi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: